Pengertian Domain dan Fungsi Domain dalam Jaringan Internet

Pengertian Domain – Pada dasarnya setiap orang yang pernah menggunakan jaringan internet pasti pernah menggunakan domain. Akan tetapi, dari sekian banyak orang yang pernah menggunakan domain, hanya sebagian kecilnya saja yang memahami apa itu domain dan apa fungsinya dalam jaringan internet. Hal ini dikarenakan istilah domain memang hanya digunakan oleh segelintir orang yang berkecimpung di dunia internet.

Lantas apa sih sebenarnya domain itu? Apa sih gunanya domain dalam jaringan internet?

Pengertian Domain

Pengertian domain adalah nama unik yang digunakan sebagai pengganti alamat server komputer yang terhubung di jaringan komputer atau pun jaringan internet.

Fungsi Domain dalam Jaringan Internet

Jika dijelaskan secara rinci, domain memiliki beberapa fungsi dasar sebagai berikut :

  1. Memudahkan Pencarian Situs Website

Fungsi domain yang pertama untuk memudahkan aktivitas pencarian website. Sebelum domain ditemukan, setiap website hanya bisa dibuka dengan menggunakan alamat IP website tersebut, sehingga untuk membuka 100 website yang berbeda, diperlukan 100 alamat IP yang berbeda pula.

  1. Memudahkan Pengingatan Situs Website

Selain memudahkan pencarian situs website, penggunaan domain juga memudahkan pengguna situs website dalam mengingat alamat situs. Jika sebelumnya pengingatan alamat situs hanya bisa dilakukan dengan menghafal alamat IP yang berasal dari angka (pasti sulit dihafal), kini dengan keberadaan domain, pengingatan alamat website dapat dilakukan dengan menghafal alamat IP (cara sulit) dan juga menghafal alamat domain (jauh lebih mudah).

  1. Menunjukkan Kepemilikan Website

Fungsi domain yang ketiga adalah untuk menunjukkan kepemilikan website. Seperti yang kita ketahui, sebuah domain hanya dapat digunakan untuk satu website saja. Oleh karena itu, kebanyakan perusahaan besar biasanya menggunakan nama perusahaan mereka sebagai domain website mereka sehingga para penggunanya dapat mengetahui pemilik dari website yang sedang dibukanya tersebut.

  1. Menggambarkan Jenis Website

Fungsi domain yang berikutnya adalah untuk menggambarkan jenis website. Beberapa website tertentu biasanya sengaja dibangun dengan menggunakan domain khusus jenis website tersebut. Website – website organisasi atau pun pendidikan misalnya, website jenis ini biasanya menggunakan domain TLD .org (website organisasi) dan domain TLD .edu (website pendidikan). Oleh karena itu, dengan melihat domain TLD sebuah website, kita dapat mengetahui jenis website tersebut secara langsung (meskipun tidak berlaku untuk beberapa website).

  1. Menunjukkan Negara Asal Website

Fungsi domain yang terakhir adalah sebagai identitas asal negara website. Beberapa website tertentu biasanya menggunakan domain negara mereka sebagai domain website. Website – website milik pemerintah atau pun organisasi pendidikan misalnya, website – website ini biasanya menggunakan domain TLD .gov.id (untuk website pemerintahan) dan domain TLD .ac.id (untuk website pendidikan) yang menginformasikan identitas negaranya.

Jadi sudah tahu kan apa itu pengertian domain dan apa saja fungsinya di jaringan internet?

loading...
Pengertian Domain dan Fungsi Domain dalam Jaringan Internet | Adzikra Ibrahim |