Pengertian Download, Cara Kerja Download, dan Beberapa Software Downloader yang Populer

Pengertian Download – Download merupakan salah satu aktivitas yang banyak dilakukan oleh para pengguna jaringan internet. Bagi orang-orang yang sering membuka dunia maya/internet, istilah download tentunya bukanlah istilah yang asing bagi telinga mereka. Akan tetapi untuk orang–orang yang jarang terhubung dengan dunia internet, istilah download tentunya bukanlah istilah yang familiar bagi telinga mereka. Beberapa orang awam bahkan belum pernah mendengar atau pun menggunakan istilah download sama sekali.

Lantas apa sih sebenarnya download itu?

Definisi dan Pengertian Download

Istilah Download pada dasarnya berasal dari bahasa Inggris yang jika dibahasa Indonesiakan artinya adalah mengunduh. Jika diartikan dari asal katanya, maka download merupakan aktivitas mengunduh file-file yang ada di komputer lain dengan memanfaatkan jaringan internet.

Menurut Arbakid, pengertian download adalah suatu proses pengambilan file yang terdapat di jaringan internet dengan menggunakan beberapa macam cara seperti melalui web server, mail server, FTV server, atau pun sistem lain yang sejenis.

Sederhananya, aktivitas download merupakan versi rumitnya aktivitas pengcopy-an data. Jika dalam aktivitas mengcopy data Anda menyalin data dari perangkat komputer ke perangkat penyimpanan menggunakan media USB port atau pun kabel data, maka dalam aktivitas download, Anda menyalin data dari komputer lain (yang ada di daerah lain) menuju ke media penyimpanan yang Anda miliki di komputer Anda dengan menggunakan media jaringan internet.

Sistem dan Cara Kerja Download

Seperti yang telah dijelaskan di atas, aktivitas download dijalankan dengan jalan mentransfer file yang ada di komputer lain dengan menggunakan jaringan internet. Ketika seorang pengguna komputer ingin mendownload data tertentu dari halaman web seseorang, maka orang tersebut setidaknya harus melalui langkah berikut ini :

Terhubung ke jaringan internet à Buka halaman website à Menuju ke halaman cloud storage à Proses pengunduhan melalui jaringan internet.

Beberapa Software Downloader yang Populer di Kalangan Pengguna Komputer

Berikut merupakan beberapa software download yang cukup populer dan banyak digunakan oleh para pengguna komputer di seluruh dunia :

  • Internet Download Manager – merupakan software downloader premium yang telah terbukti dapat menstabilkan proses download yang sedang berlangsung pada suatu perangkat komputer. Salah satu kelebihan IDM dibandingkan dengan downloader lainnya adalah fitur pengunduh video dari situs populer Youtube.
  • BitTorrent – merupakan software downloader khusus yang hanya dapat digunakan untuk mengunduh file – file berekstensi torrent. Jika dibandingkan dengan downloader lainnya, BitTorrent cenderung jauh lebih aman dari sisi kemungkinan terjadinya kerusakan data. Meskipun begitu, proses pengunduhan dengan menggunakan software BitTorrent biasanya cenderung jauh lebih lama dibandingkan dengan proses pengunduhan dengan software downloader lainnya.
  • Orbit Downloader – merupakan software downloader yang sangat mirip dengan sistem kerja Internet Download Manager. Bedanya software Orbit Downloader memiliki kelebihan berupa kestabilan download dan juga dapat diunduh secara gratis.

Itulah pengertian download beserta cara kerjanya. Semoga bermanfaat ya!

loading...
Pengertian Download, Cara Kerja Download, dan Beberapa Software Downloader yang Populer | Adzikra Ibrahim |