Pengertian Geologi dan Asal Mulanya

Pengertian geologi adalah suatu ilmu pengetahuan tentang kebumian yang berkaitan dengan planet bumi, baik komposisi, sifat fisik, sejarah, komposisi, maupun proses pembentukannya. Hal yang dipelajari tak hanya apa saja yang ada di dalam bumi, melainkan juga fenomena alam yang ada di dalam permukaan bumi. Geologi sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni “ge” yang artinya bumi dan logos yang artinya adalah alasan. Dengan kata lain, geologi adalah ilmu yang mempelajari terbentuknya bumi. Istilah geologi dipergunakan pertama kali oleh Ricardh de Bury pada tahun 1473. Ricardh menggunakan kata geologi ini untuk ilmu kebumian. Meskipun begitu, bapak geologi modern yang terkenal hingga sekarang adalah James Hutton. Hal tersebut dikarenakan buku Theory of the Earth yang dikeluarkannya pada tahun 1979.

Pengertian Geologi Menurut Para Ahli

Sekedar informasi, orang-orang yang mendalami dan mempelajari geologi dikenal dengan sebutan ahli geologi. Ahli geologi umumnya mengatur dan membantu menemukan  sumber daya alam bumi, diantaranya adalah batu bara, minyak bumi, dan logam-logaman seperti besi, uranium, tembaga, dan lain sebagainya yang memiliki prospek ekonomi yang tinggi. Lalu, bagaimana pengertian geologi menurut para ahli? Menurut Bates dan Jackson (1990) geologi merupakan ilmu pengetahuan yang memang dikhususkan untuk mempelajari planet bumi, terutama bahan penyusunnya, proses terjadi dan terbentuknya, hasil daripada proses tersebut, sejarah planet beserta dengan kehidupan yang ada di atas bumi semenjak planet ini terbentuk.

Hampir sama dengan Bates dan Jackson, Written Brooks (1972) juga mengungkapkan bahwa Geologi merupakan ilmu tentang kebumian yang mencakup sejarah, asal, komposisi, struktur, proses terbentuknya bumi dari dulu hingga sekarang termasuk dengan perkembangan kehidupan hingga saat ini. Sementara pengertian geologi menurut Munir (1996), geologi adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang mem mempelajari tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan keberadaan bumi, pembentukan bumi termasuk dengan fenomena alam yang terjadi pada bumi. Fenomena alam yang terjadi pada bumi diantaranya adalah sinklinal, antiklinal, gempa bumi dan lain sebagainya.

Menurut Noer Aziz M., dkk (2002), geologi merupakan ilmu tentang bumi yang berkaitan dengan struktur, sejarah, komposisi, asal, proses alami terbentuknya dan perkembangan kehidupan di bumi baik sebelum terbentuk, yang sedang berlangsung dan juga saat ini.

Dari beberapa pengertian tadi, dapat disimpulkan bahwa geologi adalah ilmu yang mempelajari tentang segala hal yang berkaitan dengan planet bumi. Pada dasarnya, geologi terbagi menjadi beberapa cabang ilmu pengetahuan diantaranya adalah stratigrafi, paleontologi, geologi sejarah, petrologi, mineralogi, geofisika, volkanologi dan lain sebagainya. Bagaimana? Sudahkah Anda mengerti arti dari kata geologi? Sekian ulasan mengenai pengertian geologi menurut para ahli dan asal mulanya. Semoga bisa dijadikan sebagai referensi untuk Anda.

loading...
Pengertian Geologi dan Asal Mulanya | Adzikra Ibrahim |