Pengertian HTTP Beserta dengan Cara Kerjanya

Meskipun orang-orang yang menggunakan internet tidak terhitung, banyak dari mereka yang masih belum mengerti tentang pengertian http. Padahal untuk mengunjungi sebuah situs, istilah http sangat sering digunakan. Http berasal dari singkatan kata-kata Hypertext Transfer Protocol. Istilah http ini diterapkan pada salah satu protokol di Internet.  Sederhananya, http adalah suatu fasilitas berbasis www yang memungkinkan Anda untuk mengakses informasi apapun dari suatu situs yang menggunakan bahasa HTML. Sekedar pengetahuan, informasi yang diperoleh dari http ini berasal dari fasilitas berupa gambar, text, film, suara dan lain sebagainya.

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa http berkomunikasi dengan menggunakan TCP / IP. Klien http akan terhubung pada server http melalui TCP. Http berfungsi untuk mengirimkan permintaan ke web server dari klien web atau browser, lalu dikembalikan ke halaman web melalui server ke klien. Walaupun http adalah salah satu protokol TCP/IP yang paling populer di internet, pada dasarnya http tidak terbatas hanya untuk pemakaian dengan TCP/IP.

Beberapa Pengertian HTTP

Sebenarnya, ada banyak sekali pengertian http yang bisa Anda ketahui. Beberapa ahli di bidang ini mengatakan bahwa http atau HyperText Transfer Protocol adalah suatu protokol yang memiliki kegunaan untuk menjawab dan meminta antara pihak klien dan server. Klien http misalnya web browser akan memulai permintaan sederhana dengan membuat hubungan antara TCP/IP pada port  tertentu. Sementara server http yang menerima permintaan tersebut akan mendengarkan di port dan menunggu klien mengirimkan request kode. Dimana kode tersebut akan meminta halaman yang sebelumnya sudah ditentukan. Halaman tersebut akan dibarengi dengan pesan MIME yang mengandung beberapa informasi dan menjelaskan aspek penting dari permintaan tersebut.

Menurut wikipedia, pengertian http merupakan protokol jaringan yang menjadi dasar komunikasi untuk data WWW atau World Wide Web. Selain itu, ada pula yang mendefinisikan hhtp sebagai protokol yang menjadi suatu dasar World Wide Web. Yang mana http akan menetapkan bagaimana pesan akan diformat kemudian ditransmisikan serta menindaki browser dan Web server sebagai suatu respon pada  segala perintah yang diberikan. Arti lain dari http adalah protokol yang berkaitan dengan request-response antara klien dengan server.  Anda tentunya bingung, mana yang disebut dengan klien dan juga server bukan? Klien adalah  web browser atau web pengguna, sementara server adalah yang memberi tanggapan dengan mengambil atau menyimpan sumber daya yang di-request dengan menghubungkan sebuah tautan. Tautan ini dikenal dengan nama dokumen hiperteks dan terbentuklah World Wide Web.

Dari berbagai pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa http adalah sebuah data komunikasi protokol yang melayani atau memberi fasilitas transfer informasi pada Internet.  Sekian ulasan terkait pengertian http beserta dengan cara kerjanya, semoga dapat menambah pengetahuan Anda.

loading...
Pengertian HTTP Beserta dengan Cara Kerjanya | Adzikra Ibrahim |