Pengertian Investasi dan Bentuk-bentuknya

Salah satu cara menabung dengan banyak keuntungan yang didapat adalah dengan melakukan investasi. Banyak sekali keuntungan yang akan anda rasakan, diantaranya adalah terhindar dari hutang, nilai kekayaan yang terlindungi baik dari pengaruh inflasi sekalipun, nilai kekayaan akan meningkat, kebutuhan masa depan akan terpenuhi, dan perencanaan keuangan lebih tertata. Investasi bisa berbentuk tanah, pendidikan, saham, bahkan mata uang asing. Sebelum mengenal lebih jauh mengenai investasi dan bentuk-bentuknya, baiknya anda paham terlebih dahulu mengenai Pengertian Investasi.

Beberapa Pengertian Investasi

Pengertian Investasi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah kata benda yang artinya penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek dengan tujuan memperoleh keuntungan. Ilmu yang mempelajari mengenai berinvestasi adalah ilmu sosial khususnya ilmu ekonomi.

Menurut seorang ahli ekonomi Fitz Gerald, investasi adalah semua hal yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber-sumber yang dipakai untuk mengadakan modal barang sekarang. Barang modal tersebut kemudian akan menghasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang. Menurutnya, investasi ialah aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber yang dipakai untuk mengadakan suatu barang.

Menurut Henry Simamora, investasi adalah suatu aktiva yang digunakan oleh perusahaan untuk menambah kekayaannya melalui distribusi hasil investasi (misal pendapatan bunga, royalty, deviden, pendapatan sewa, dll), untuk apresiasi nilai investasi, atau juga untuk manfaat lain bagi suatu perusahaan yang berinvestasi, seperti manfaat yang diperoleh melalui hubungan dagang.

Setiap kata yang bermakna, hampir mempunyai kebalikan, lalu kebalikan dari investasi itu apa? Kebalikannya adalah divestasi. Pernahkah anda mendengar kata divestasi? Menurut Wikipedia, divestasi adalah pengurangan aset baik dalam bentuk finansial atau barang, definisi lain dari divestasi adalah penjualan dari bisnis aset perusahaan. Memahami pengertian dari divestasi saja, sudah tertuju dari kebalikan Pengertian Investasi bukan? Berdasarkan ilmu ekonomi sendiri investasi dapat dikategorikan sebagai pembelian jenis barang modal misalnya peralatan produksi, pembangunan tempat tinggal, pabrik, atau kantor. Beberapa jenis investasi yang biasanya diminati oleh beberapa orang adalah tabungan, deposito, reksadana, obligasi, saham, emas, dan property.

Nah, itulah Pengertian Investasi, setiap jenis investasi mempunyai keuntungan dan kerugian tersendiri. Misalnya, keuntungan investasi emas diantaranya termasuk aset yang dapat dengan mudah dijual, bertahan lama, harga stabil, bahkan naik. Kerugian investasi emas diantaranya emas tidak membuat pemilik bertambah kaya, kemungkinan nilai emas anjlok, dan tidak dapat menghasilkan keuntungan secara rutin. Keuntungan investasi saham diantaranya dapat mendatangkan keuntungan yang besar jika harga saham nya naik, meskipun modal sedikit namun keuntungan bisa berkali lipat, kekurangannya adalah resiko kehilangan modal jika perusahaan bangkrut dan resiko kehilangan uang apabila harga saham anjlok atau turun. Apabila anda menginvestasikan uang dalam tabungan, keuntungan yang didapat adalah uang dapat diambil kapan saja dan transaksinya mudah sedangkan kerugian yang didapat ketika investasi tabungan diantaranya uang akan cepat berkurang karena dapat diambil dalam waktu kapanpun dan anda tetap mendapat bunga meskipun kecil. Selain itu, anda juga bisa menginvestasikan property. Pada dasarnya, investasi property itu hampir mirip dengan membeli emas, namun beberapa keuntungan investasi property dibandingkan emas adalah resiko kecil, mendapat penghasilan tambahan jika propertinya disewakan, kerugiannya adalah membutuhkan modal yang cukup besar misalkan untuk membeli rumah atau tanah, kemudian kedua, property bukanlah aset yang likuid dan untuk menjual property tersebut tentunya tidak mudah.

loading...
Pengertian Investasi dan Bentuk-bentuknya | Adzikra Ibrahim |