Pengertian Karbohidrat, Sumber dan Fungsi Karbohidrat

Pengertian Karbohidrat – Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Dalam tubuh manusia, karbohidrat berfungsi sebagai bahan baku pembentuk energi yang dibutuhkan untuk melaksanakan berbagai macam aktivitas dan kegiatan manusia. Keberadaan karbohidrat sebagai bahan baku pembentuk energi dalam tubuh manusia hingga saat ini masih belum bisa digantikan dengan nutrisi – nutrisi pembentuk energi lainnya.

Definisi dan Pengertian Karbohidrat

Pengertian karbohidrat adalah sumber energi utama untuk tubuh yang komposisinya terdiri dari unsur Carbon (C), Hidrogen (H), dan Oksigen (O). Karbohidrat biasanya dijadikan sebagai cadangan makanan, bahan bakar, dan materi pembangun energi makhluk hidup.

Karbohidrat merupakan salah satu senyawa organik yang bisa didapatkan dengan mudah di bumi. Karbohidrat bisa di dapatkan dari berbagai macam sumber makanan yang mudah didapatkan dari berbagai macam tumbuh – tumbuhan. Salah satu sumber karbohidrat utama dan hingga saat ini dijadikan sebagai bahan makanan pokok masyarakat Indonesia adalah beras atau pun nasi.

Berbeda dengan hewan dan manusia yang memenuhi kebutuhan karbohidratnya dengan jalan mengonsumsinya, tumbuhan mendapatkan pasokan karbohidrat melalui proses fotosintesis. Hasil karbohirat dari aktivitas fotosintesis ini nantinya akan dikumpulkan dalam bentuk buah, umbi, atau pun bunga (yang nantinya dikonsumsi oleh hewan dan manusia sebagai sumber karbohidrat).

Sumber Karbohidrat bagi Manusia

Karbohidrat biasanya bisa didapatkan dari beberapa bahan makanan seperti telur, kentang, biji – bijian, gandum, kacang – kacangan, buah, susu, jagung, singkong, beras, dan berbagai macam bahan makanan lainnya.

Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh

  1. Sumber Energi

Fungsi karbohidrat yang pertama adalah sebagai sumber energi. Seperti yang telah dijelaskan di atas, karbohidrat tersusun atas rangkaian gula yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai bahan baku pembentukan energi. Hingga saat ini, keberadaan karbohidrat masih belum bisa digantikan oleh nutrisi lainnya.

  1. Stabilisator Asam dan Basa

Fungsi karbohidrat yang kedua adalah sebagai stabilisator kandungan asam dan basa di dalam tubuh manusia. Kandungan asam dan basa di dalam tubuh sering kali tidak terkontrol ketika seseorang mengonsumsi makanan tertentu dalam jumlah yang besar. Nah, untuk menstabilkan kadar asam dan basa ini, tubuh membutuhkan salah satu senyawa yang ada di dalam makanan yang mengandung karbohidrat.

  1. Penyerap Kalsium

Fungsi karbohidrat yang ketiga adalah sebagai penyerap kasium dalam bahan makanan yang dikonsumsi manusia. Untuk bisa menyerap kalsium dengan maksimal, tubuh memerlukan kandungan polisakarida yang hanya bisa didapatkan di dalam karbohidrat.

  1. Membantu Proses Pencernaan

Fungsi karbohidrat yang keempat adalah sebagai unsur yang membantu berjalannya proses pencernaan dalam tubuh. Proses pencernaan dalam tubuh biasanya membutuhkan kandungan selulosa yang ada di dalam karbohidrat sebagai pencegah terjadinya sembelit atau pun konstipasi.

Demikianlah sedikit informasi mengenai pengertian karbohidrat beserta dengan sumber dan fungsinya yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Semoga bermanfaat ya!

loading...
Pengertian Karbohidrat, Sumber dan Fungsi Karbohidrat | Adzikra Ibrahim |