Pengertian Microsoft Excel, Komponen Microsoft Excel dan Beberapa Fungsinya

Pengertian Microsoft Excel – Para pekerja kantoran yang sering menggunakan komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Microsoft Excel. Ya, program Microsoft Excel memang sering digunakan oleh para pekerja kantoran untuk mengolah berbagai macam data yang berbentuk angka.

Program aplikasi ini pada dasarnya merupakan salah satu bagian dari program aplikasi Microsoft Office buatan Microsoft yang memang diperuntukkan sebagai program pengolah dokumen – dokumen kantor. Dalam bundel program aplikasi Microsoft Office, Microsoft Excel termasuk ke dalam salah satu program Microsoft Excel yang paling banyak digunakan selain Microsoft Word, dan Microsoft PowerPoint.

Definisi dan Pengertian Microsoft Excel

Pengertian Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi / perangkat lunak buatan Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat dan mengelola dokumen kantor yang berbentuk angka, tabel, dan grafik. Seperti yang telah dijelaskan di atas, program Microsoft Excel merupakan salah satu bagian dari bundel program Microsoft Offce yang sengaja diperuntukkan untuk mengolah dokumen – dokumen kantor.

Komponen Utama dalam Lebar Kerja Microsoft Excel

  1. Row Heading

Row heading merupakan bagian penunjuk lokasi baris yang ada pada setiap lembar kerja Microsoft Excel.

  1. Column Heading

Column heading merupakan bagian penunjuk lokasi kolom yang ada pada setiap lembar kerja Microsoft Excel.

  1. Cell Pointer

Cell Pointer merupakan bagian penunjuk lokasi cell yang sedang aktif / sedang dibuka.

  1. Formula Bar

Formula Bar merupakan bagian khusus yang dapat digunakan untuk menginputkan atau pun mengetikkan rumus yang ingin digunakan dalam salah satu cell yang ada dalam lembar kerja Microsoft Excel.

Fungsi Microsoft Excel

Pada dasarnya fungsi Microsoft Excel adalah untuk mengolah data – data yang isinya didominasi angka. Jika dirinci secara lebih jelas, maka beberapa fungsi Microsoft Excel yaitu:

  1. Mengolah Data Angka

Fungsi Microsoft Excel yang pertama adalah sebagai program pengolah data atau pun dokumen berbentuk angka. Microsoft Excel menyediakan berbagai macam rumus dasar yang dapat digunakan penggunanya untuk mengolah data angka sehingga aktivitas pengolahan data angka dapat berlangsung dengan lebih mudah dan cepat.

  1. Mengubah Data Angka Menjadi Data Grafik

Fungsi Microsoft Excel yang kedua adalah sebagai program untuk mengubah data angka menjadi data grafik secara otomatis. Dengan menggunakan Microsoft Excel, data angka yang diinput dapat langsung diubah oleh penggunanya menjadi data grafik, sehingga lebih mudah dipahami oleh pengguna data tersebut.

  1. Membuat Data Bebentuk Tabel

Fungsi utama Microsoft Excel yang ketiga adalah untuk membuat berbagai macam data yang berbentuk tabel. Program Microsoft Excel pada dasarnya memiliki bentuk / format dasar berupa cell – cell tabel yang dapat diatur sedemikian rupa sehingga memudahkan penggunanya dalam aktivitas pembuatan data berbentuk tabel.

Itulah sedikit tulisan mengenai pengertian Microsoft Excel dan beberapa fungsinya dalam dunia perkantoran. Semoga bermanfaat ya!

loading...
Pengertian Microsoft Excel, Komponen Microsoft Excel dan Beberapa Fungsinya | Adzikra Ibrahim |