Pengertian Microsoft Word dan Beberapa Manfaatnya dalam Aktivitas Kantor

Pengertian Microsoft Word – Di akhir Tahun 1990 – an, peranan mesin ketik sebagai perangkat penulisan mulai digantingkan dengan perangkat komputer. Mesin ketik yang telah lama digunakan sebagai perangkat pengetikan, pada waktu itu mulai digantikan dengan software – software komputer yang lebih mudah diatur dan juga dapat menghasilkan susunan dokumen yang lebih baik.

Salah satu software komputer yang pada waktu itu dan hingga saat ini digunakan sebagai perangkat pengetikan menggantikan peran mesin ketik adalah microsoft word. Meskipun sudah banyak digunakan oleh pengguna komputer, akan tetapi masih banyak orang awam (terutama orang – orang yang tidak menggunakan perangkat komputer) yang tidak mengenal Microsoft Word sama sekali. Bahkan, beberapa orang yang benar – benar awam dengan perangkat komputer, ada yang belum pernah mendengar / menggunakan istilah Microsoft Word sama sekali.

Lantas apa sih sebenarnya Microsoft Word itu?

Definisi dan Pengertian Microsoft Word

Pengertian Microsoft Word adalah sebuah perangkat lunak (aplikasi) komputer buatan Microsoft yang digunakan untuk mengolah data – data kantor yang berbentuk kata. Microsoft Word hingga saat ini merupakan perangkat lunak pengolah kata yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer di seluruh dunia. Jika dibandingkan dengan perangkat lunak pengolah kata lainnya, Microsoft Word cenderung jauh lebih mudah digunakan, sehingga para pengguna komputer jauh lebih menyukainya dibandingkan dengan perangkat lunak pengolah kata lainnya.

Manfaat Microsoft Word dalam Aktivitas Kantor

  1. Memudahkan Aktivitas Pembuatan Dokumen

Manfaat penggunaan Microsoft Word yang pertama adalah untuk memudahkan aktivitas pembuatan dokumen kantor. Dengan menggunakan Microsoft Word, aktivitas pengetikan dokumen dapat dilakukan di perangkat komputer (yang notabene lebih mudah digunakan dan lebih praktis dibandingkan dengan mesin ketik), sehingga kegiatan pengerjaan dokumen dapat dilakukan dengan lebih mudah.

  1. Menghemat Waktu Pembuatan Dokumen

Manfaat Microsoft Word yang kedua adalah menghemat waktu pembuatan dokumen kantor. Seperti yang telah dijelaskan pada poin nomer satu di atas, dengan menggunakan microsoft word, aktivitas pembuatan dokumen kantor dapat dijalankan dengan lebih mudah sehingga waktu pengerjaannya pun dapat dipersingkat.

  1. Menghemat Penggunaan Kertas

Jika sebelumnya ketika menggunakan mesin ketik semua dokumen kantor harus diketik di atas kertas, kini dengan menggunakan microsoft word, setiap dokumen kantor dapat disimpan dalam bentuk file dokumen Microsoft Word sehingga penggunaan kertas dapat diminimalisir.

  1. Menghemat Biaya Kantor

Seperti yang telah dijelaskan di poin nomer 3 di atas, dokumen microsoft word dapat disimpan dalam bentuk soft file, sehingga penggunaan kerta dapat diminimalisir. Ketika penggunaan kertas dapat diminimalisir, maka secara otomatis biaya kantor akan menjadi lebih kecil sehingga pengeluaran kantor menjadi lebih hemat.

Itulah pengertian Microsoft Word dan beberapa fungsinya dalam aktivitas perkantoran. Semoga bermanfaat ya!

loading...
Pengertian Microsoft Word dan Beberapa Manfaatnya dalam Aktivitas Kantor | Adzikra Ibrahim |