Pengertian Mouse Menurut Para Ahli

Bagi Anda yang senang atau hobi bergelut dengan komputer tentu tidak asing lagi dengan benda yang satu ini, yakni mouse. Namun, apakah Anda tahu mengenai pengertian mouse? Mouse atau yang dalam bahasa Indonesia disebut tikus memang menjadi peranti penting bagi pengguna komputer. Salah satu alasan mengapa benda yang satu ini disebut mouse atau tikus adalah karena kabel yang menjulur di bagian mouse tampak seperti ekor tikus yang menjulur.

Seiring dengan perkembangan zaman, bentuk serta desain mouse juga semakin berkembang. Jika dulunya mouse memiliki kabel yang menjulur kini beberapa mouse tidak lagi memiliki kabel. Hal ini karena mouse tersebut sudah menggunakan kabel sebagai Bluetooth sebagai pengganti kabel. Tentunya dengan tidak adanya kabel pada tetikus ini akan mengurangi risiko kabel terlilit yang pastinya akan menghambat kinerja dari mouse tersebut.

Pengertian Mouse dan Kegunaan Mouse

Pengertian mouse sendiri adalah piranti penunjuk yang umumnya dipakai untuk memasukkan perintah dan juga data ke dalam komputer yang biasanya dilakukan dengan menggunakan papan ketik. Umumnya sebuah mouse atau tikus memiliki dua tombol utama di bagian kiri depan dan kanan depan. Tombol bagian kiri layaknya klik kiri, begitu juga tombol di bagian kanan yang berfungsi layaknya klik kanan. Selain itu, mouse juga memiliki tombol ketiga berupa tombol scroll. Tombol ini nantinya berguna untuk menscroll atau menaik turunkan tampilan pada layar komputer. Biasanya pada saat digunakan, mouse selalu digunakan di atas mouse pad. Alas yang satu ini memang didesain khusus untuk meningkatkan kinerja dari mouse khususnya dari segi kecepatan gerak dan input perintah.

Pendapat lain menyebutkan bahwa pengertian mouse adalah perangkat keras atau hardware dari komputer yang masuk dalam kategori perangkat input. Tidak hanya itu, peranti mouse juga digunakan untuk memasukkan data atau memberikan komputer perintah sehingga komputer dapat dijalankan sesuai dengan kehendak pemakainya. Memang dengan adanya mouse, proses memasukkan atau menginputkan perintah ke dalam komputer akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan perintah manual melalui keyboard. Salah satu contohnya adalah jika ingin menutup sebuah program menggunakan mouse, Anda bisa dengan mudah klik kiri tanda silang merah di pojok kanan atas layar. Sementara jika harus menutup layar dengan keyboard, Anda harus tahu formula atau rumus yang digunakan untuk menutup layar.

Banyak sekali pendapat mengenai pengertian mouse yang disampaikan oleh masing-masing ahli mengingat setiap orang punya pandangan sendiri mengenai benda inputan yang satu ini. Salah satu pendapat ahli mengenai pengertian mouse adalah bahwa mouse merupakan salah satu peranti hardware yang terhubung ke komputer baik itu secara langsung atau tidak. Maksudnya, ada beberapa jenis mouse yang terhubung langsung dengan komputer misal melalui kabel. Akan tetapi ada juga jenis mouse yang tidak terhubung secara langsung ke komputer, misalkan melalui jaringan wireless atau bisa juga dengan Bluetooth.

Dari banyaknya pendapat yang disampaikan oleh para ahli komputer mengenai apa itu pengertian dari mouse pasti akan sangat membantu menyimpulkan pengertian dari tikus ini. Sehingga dapat disimpulkan jika pengertian mouse secara umum adalah salah satu peranti keras dari komputer yang berfungsi untuk memasukkan data atau memberikan perintah kepada komputer.  Dengan adanya mouse baik itu yang terhubung langsung ataupun tidak, komputer bisa dijalankan sesuai dengan keinginan pemakainya atau brainwarenya.

loading...
Pengertian Mouse Menurut Para Ahli | Adzikra Ibrahim |