Pengertian Pencemaran Lingkungan dan Jenisnya

Untuk bisa memenuhi kebutuhannya biasanya manusia akan memanfaatkan sumber daya yang ada. Sayangnya, terkadang mereka kurang bisa memanfaatkan sumber daya secara tepat sehingga yang ada justru membuat lingkungan tidak seimbang. Hal tersebut menimbulkan kerusakan dan pencemaran lingkungan. Pengertian pencemaran lingkungan menurut UU Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup adalah masuknya atau dimasukkannya zat, komponen tertentu yang disengaja maupun tidak namun bisa menyebabkan kerusakan lingkungan. Jika didefinisikan dari segi ilmu kimia lingkungan bahwa pencemaran lingkungan merupakan suatu peristiwa penyebaran zat kimia yang dapat mengubah keseimbangan lingkungan baik dari struktur maupun fungsinya sehingga dapat mengganggu keseimbangan lingkungan.

Berdasarkan keterangan terkait pengertian pencemaran lingkungan, meningkatnya penggunaan sumber daya alam secara berlebihan juga dapat menyebabkan meningkatnya kerusakan ekosistem. Seperti contohnya sampah berserakan dimana saja sehingga dapat menyebabkan pencemaran.  Contoh lainnya adalah, bila Anda tinggal di kota, pasti akan menemukan banyak sekali pabrik. Dari pabrik ini akan mengeluarkan kepulan asap hitam yang mengandung racun. Asap tersebut akan dengan bebas menyebar ke udara sehingga masyarakat di daerah sana akan menghirup asap beracun tersebut. Belum lagi bila ditambah dari polusi kendaraan. Jika asap tersebut dihirup terus menerus oleh makhluk hidup tentu akan mengganggu kesehatan mereka. Selain dari asap pabrik, limbah cair pabrik juga banyak yang dibuang ke sungai, sehingga sungai akan tercemar dan dapat membahayakan kehidupan di dalam air.

Jenis-Jenis Pencemaran Lingkungan

Setelah membahas pengertian pencemaran lingkungan, Anda juga harus tahu tentang jenis-jenis dari pencemaran lingkungan. Ada 3 jenis pencemaran lingkungan yang pertama adalah pencemaran udara. Pencemaran udara diantaranya adalah Karbon monoksida yang dihasilkan dari sisa pembakaran tidak sempurna oleh mesin kendaraan. Bila zat tersebut sampai terhirup oleh manusia maka akan ikut mengalir dalam darah sehingga dapat mengganggu pengikatan darah terhadap oksigen. Efeknya adalah pusing bahkan bisa pingsan. Kedua adalah pencemaran air. Pencemaran air berarti menandakan kerusakan air telah berada diambang batas normal. Polutan air terdiri dari limbah pabrik, limbah rumah tangga dan minyak. Bila polutan tersebut dibuang ke sungai dan masuk ke tubuh manusia tentunya akan sangat berbahaya karena dapat memicu kanker.

Terakhir adalah pencemaran tanah. Pencemaran tanah merupakan aktivitas pembuangan sampah yang tidak terkelola secara baik dan benar. Apabila sampah tersebut berada di tanah maka lama kelamaan polutan tersebut akan mengendap dibawah tanah sehingga menjadikan zat beracun. Jadi selain Anda mengerti tentang pengertian pencemaran lingkungan, Anda juga harus paham mengenai jenis pencemaran lingkungan beserta akibatnya. Diharapkan setelah mengetahui hal ini, Anda lebih bisa menjaga lingkungan demi mengurangi terjadinya pencemaran lingkungan. Mengajak orang lain untuk bisa menciptakan lingkungan yang asri dan bersih merupakan suatu tindakan mulia.

loading...
Pengertian Pencemaran Lingkungan dan Jenisnya | Adzikra Ibrahim |