Pengertian Prestasi Belajar

Mendengar kata prestasi pastinya semua orang langsung memikirkan tentang pencapaian dan hasil kerja. Hal itu memang saling berhubungan karena prestasi merupakan sebuah hasil dari proses. Lalu untuk pengertian prestasi belajar juga sudah lain lagi. Belajar di sini bisa diartikan bermacam-macam, diambil dari sudut pandang para pelajar atau diambil dari sudut pandang para ahli.

Kata belajar memang tak melulu yang berhubungan dengan sekolah saja. Belajar bisa juga diartikan sebagai proses memahami suatu kehidupan atau proses pengendalian diri menuju ke yang lebih baik. Lalu apa sebenarnya pengertian prestasi belajar menurut para ahli? Simak uraian berikut.

Pengertian Prestasi Belajar Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Secara umum, prestasi belajar bisa diartikan sebagai hasil pencapaian seseorang dari dunia pendidikan. Memang kebanyakan orang pasti akan mengartikannya seperti itu. Prestasi belajar sendiri biasanya dibuktikan dengan adanya ranking atau peringkat kelas. Apabila Anda ranking 1, itu berarti proses pembelajaran yang selama ini Anda jalani sukses besar. Namun, kata belajar juga tak semata-mata untuk dunia pendidikan saja. belajar juga memiliki kata lain seperti digunakan untuk pengendalian diri, menjalani proses kehidupan dan masih banyak lagi.

Jadi, pengertian prestasi belajar secara umum memang banyak disangkut pautkan dengan dunia pendidikan. Prestasi belajar yang lainnya misalnya belajar dalam sudut pandang pengendalian diri. Pastinya semua orang di dunia ini sering mengalami proses pengendalian diri untuk menuju ke kehidupan lebih baik. Sebagai contoh pengendalian diri terhadap emosi, pengendalian diri supaya tetap hidup sehat dan pengendalian diri supaya giat bekerja atau mengusir kemalasan. Apabila proses tersebut telah dijalani dan berhasil, maka prestasinya adalah Anda akan menjadi pribadi yang lebih baik.

Kemudian untuk pengertian prestasi belajar menurut para ahli pasti artinya berbeda-beda. Pertama ada pengertian menurut Winkel, prestasi belajar diartikan sebagai bukti seseorang telah berhasil dicapai. Bukti pencapaian tersebut merupakan sebuah hasil yang telah dilalui seseorang dengan usaha-usaha pembelajaran. Menurut Saifudin Anwar, prestasi belajar diartikan sebagai sesuatu yang bisa dicapai maupun tak bisa dicapai oleh seseorang. Prestasi belajar tersebut nantinya bisa diperoleh dengan mengikuti sebuah tes belajar.

Definisi prestasi belajar menurut Udin S. Winataputra adalah sebuah proses perubahan yang dicapai oleh individu sebagai hasil dari pengalaman. Jadi ini bisa diartikan jika prestasi belajar adalah pencapaian dari sebuah pengalaman yang sudah dijalani oleh seseorang. Pengertian menurut para ahli lainnya seperti Thursan Hakim adalah proses perubahan yang dialami oleh seseorang baik itu perubahan kualitas dan kuantitas seperti tingkah laku, pengetahuan, sikap, kecakapan dan lain sebagainya. Jadi prestasi belajar di sini diartikan sebagai perubahan pada diri seseorang menuju ke hal yang lebih baik. Adapun definisi selanjutnya yaitu dari Arif Gunarso, mengungkapkan jika prestasi belajar itu diartikan sebagai hasil maksimal yang telah dicapai oleh seseorang dengan usaha-usaha belajar yang telah dilaksanakan. Jadi kesimpulannya adalah prestasi bisa didapat dari hasil belajar yang telah dilalui.

Prestasi belajar memang merupakan sebuah hasil dari pencapaian atau proses. Belajar sendiri bisa diartikan sebagai sebuah proses baik itu proses di dunia pendidikan maupun di kehidupan atau pengendalian diri. Pengertian prestasi belajar secara umum maupun menurut para ahli sebenarnya tak ada bedanya. Semuanya mengungkapkan jika prestasi belajar adalah sebuah hasil pencapaian yang telah dilalui seseorang melalui sebuah proses.

loading...
Pengertian Prestasi Belajar | Adzikra Ibrahim |