Pengertian Scanner Secara Lengkap

Anda tahu apa itu scanner? Alat yang berfungsi sebagai alat pemindai atau duplikat secara digital sangatlah dikenal di masyarakat. Lalu apa itu pengertian scanner? Ada beberapa definisi seperti pengertian menurut kacamata umum dan kacamata para ahli. Memang membahas tentang pengertian alat tersebut sangatlah tidak penting tetapi untuk menambah wawasan tidak ada salahnya bukan?

Sebelum membahas ke pengertiannya, fungsi dari scanner bermacam-macam tergantung pada jenis mesinnya. Mesin scanner sendiri ada 3 macam yang sering dipakai yaitu PSC scanner yang memiliki fungsi sebagai scanner dan juga bisa untuk print maupun fotocopy. Jadi PSC scanner itu bisa diartikan sebagai mesin yang multifungsi. Jenis yang kedua adalah handy scanner, fungsi dari alat tersebut adalah untuk scan postcard atau untuk scan barcode. Alat ini biasa ditemukan di supermarket untuk mengetahui harga barang. Yang terakhir ada flatbed scanner yang berfungsi untuk menyecan kertas ukuran folio.

Pengertian Scanner Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Mengetahui pengertian scanner secara umum itu tak ada salahnya. Orang-orang selama ini hanya tahu tentang fungsinya saja yaitu alat fotocopy digital. Secara umum, scanner diartikan sebuah alat pemindai pada komputer untuk salah satu perangkat inputnya yang memiliki fungsi untuk duplikat objek layaknya mesin fotocopy. Alat tersebut bisa untuk scan dokumen yang berbentuk kertas, foto, makalah dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui pengertian scanner secara umum tak lengkap rasanya apabila tidak mengetahui pengertiannya menurut para ahli. Menurut para ahli informatika dan ahli teknologi, arti dari scanner memang tak jauh beda seperti pengertiannya secara umum.

Para ahli mengatakan scanner merupakan mesin canggih yang bisa digunakan untuk memindai data atau dokumen dengan cara menduplikatnya dalam bentuk digital. Pengertian dan fungsinya memang hampir sama sehingga tak sulit untuk membedakan antara pengertian dan fungsi dari scanner. Scanner sendiri merupakan istilah dalam bahasa Inggris apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia yaitu memindai.

Sama halnya dengan mesin fotocopy, scanner bisa untuk menduplikat dokumen. Namun, di sini yang membedakannya adalah hasil copyan atau duplikatnya berbentuk soft file atau digital. Lalu untuk apa alat scanner tersebut digunakan? Alat scanner merupakan alat yang banyak dipakai di era digital ini khususnya untuk mengirimkan data. Menurut pengertian scanner sendiri adalah mesin untuk menduplikat suatu objek menjadi objek digital. Dengan menjadi digital atau soft file tersebut nantinya bisa memudahkan siapa saja dalam mengirimkan data.

Sebagai contoh untuk melamar pekerjaan, apabila ada perusahaan yang menginginkan lamaran pekerjaan dengan sistem online maka pelamar harus menyecan ijazah dan dokumen lainnya. Dengan demikian Anda sudah tak perlu lagi harus repot-repot mengirimkan berkas dokumen via pos yang waktunya sangat lama. Dengan menggunakan mesin scanner, Anda bisa memindai ijazah, foto dan KTP dalam bentuk soft file. Kemudian Anda nanti bisa menguploadnya via email untuk mengirimkan ke pihak bersangkutan.

Terlepas dari pengertiannya, mesin yang satu ini memang tak lepas dari kehidupan masyarakat modern saat ini. Mesin scanner bisa memudahkan pekerjaan Anda menjadi semakin lancar dan tidak memakan waktu lama. Anda bisa memilih mesin scanner yang sesuai dengan kebutuhan. Ada 3 jenis mesin scanner yang bentuk serta fungsinya berbeda-beda. Ada yang khusus scan dokumen, postcard atau barcode harga barang dan lain sebagainya. Pengertian scanner di atas semoga bisa menambah wawasan Anda.

loading...
Pengertian Scanner Secara Lengkap | Adzikra Ibrahim |