Pengertian Server dan Bagaimana Server Bekerja

Pengertian Server – Berbicara menganai server, hal pertama yang muncul di benak penulis adalah jaringan komputer. Ya, server memang merupakan salah satu perangkat yang berkaitan erat dengan sistem jaringan komputer. Dalam setiap jaringan komputer, akan ada setidaknya satu server yang menangani lalu lintas data yang terjadi antar perangkat komputer yang ada dalam jaringan tersebut.

Istilah server biasanya banyak digunakan oleh para akademisi atau pun praktisi yang bergerak di bidang jaringan komputer. Bagi kebanyakan orang yang bergerak di bidang ini, istilah server tentunya bukanlah istilah yang asing. Akan tetapi, bagi orang – orang awam, terutama orang – orang yang tidak memahami jaringan komputer sama sekali, istilah server tentunya merupakan istilah yang agak asing dan jarang terdengar.

Lantas apa sih sebenarnya server itu?

Definisi dan Pengertian Server

Istilah server pada dasarnya berasal dari bahasa Inggris yaitu dari kata “serve” yang atinya melayani. Jika diartikan dari dasar katanya, maka server merupakan setiap perangkat yang bertugas melayani dan menghubungkan komputer – komputer klien yang ada pada jaringan komputer.

Jika diartikan secara lengkap, maka pengertian server adalah perangkat komputer sentral yang bertugas menanganai aktivitas data, serta memberikan layanan komputer klient.

Sistem Kerja Server

Seperti yang telah dijelaskan di atas, server merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer ke komputer lainnya yang ada pada sebuah jaringan komputer / internet. Nah, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya, sebuah server perlu menangani database yang ada pada perangkat komputer – komputer lainnya yang ada pada jaringan komputer tersebut. Dalam aktivitas penanganan database ini, server dan klient biasanya dihubungkan dengan menggunakan kabel atau pun dengan jaringan WiFi.

Setiap database yang dikirmkan oleh klien ke server akan segera diproses sehingga apa yang ingin dilakukan oleh komputer klien dapat langsung terlaksana. Pada proses pencetakan dokumen misalnya, dengan menggunakan jaringan komputer, beberapa unit komputer dapat menggunakan satu printer secara bersama – sama melalui komputer server. Ketika komputer klient ingin mencetak dokumen, komputer server akan segera menghubungkan komputer klient dengan printer sehingga dokumen yang ingin dicetak oleh komputer klient dapat segera tercetak.

Sebuah perangkat komputer yang dijadikan server biasanya dirancang sedikit berbeda dari komputer – komputer klient. Dalam hal spesifikasi perangkat dan juga dalam hal sistem operasi misalnya, spesifikasi perangkat komputer yang digunakan sebagai server harus dibuat tinggi (karena harus menangani lalu lintas data yang cukup besar), sedangkan sistem operasinya harus menggunakan sistem operasi khusus server seperti Windows Server atau pun Linux Ubuntu Server / Linuxt Mint Server.

Nah, itulah defenisi / pengertian server beserta dengan sistem tata laksana kerjanya. Semoga bermanfaat ya!

loading...
Pengertian Server dan Bagaimana Server Bekerja | Adzikra Ibrahim |