Pengertian Sikap Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pengertian sikap secara umum adalah suatu pikiran, kecenderungan dan perasaan seseorang untuk mengenal aspek-aspek tertentu pada lingkungan yang seringnya bersifat permanen karena sulit diubah. Komponen yang dimaksud adalah pengetahuan yang selama ini diperoleh semasa hidup, dimana sangat mempengaruhi perilaku saat bertindak. Pengertian lainnya menyebutkan bahwa sikap merupakan kecondongan evaluatif seseorang terhadap suatu subjek maupun objek. Sikap yang dimiliki setiap individu memberikan warna tersendiri untuk seseorang bertingkah laku. Untuk membahas lebih dalam mengenai sikap, kali ini akan diulas terkait beberapa definisi sikap yang dikemukakan oleh para ahli.

Pengertian Sikap Menurut Beberapa Ahli

Pada awal abad ke 20, definisi sikap adalah konsep utama yang mendapat perhatian khusus para psikologi sosial. Tak heran jika semenjak itu, banyak studi psikologi yang membahas dan mempelajari tentang sikap. Sikap sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “aptus” yang memiliki arti dalam keadaan siap dan juga sehat dalam melakukan tindakan.

Menurut Bimo Walgito (2001) pengertian sikap adalah keyakinan atau pendapat seseorang terkait situasi, subjek atau objek yang disertai dengan munculnya perasaan tertentu. Perasaan inilah yang akan dijadikan sebagai dasar orang tersebut untuk berperilaku dan merespon menggunakan cara tertentu sesuai dengan pilihannya. Sementara menurut Purwanto (2000) sikap adalah suatu cara seorang individu untuk bereaksi atau memberi respon terhadap suatu situasi. Maka dari itu, seseorang yang memiliki sikap positif terkait suatu situasi ataupun objek akan menunjukkan kesenangan dan kesukaan. Lain halnya dengan sikap negatif yang akan menunjukan suatu ketidaksenangan.

Tidak jauh berbeda, pengertian sikap juga diungkapkan oleh Ahmadi (2007) sebagai kesiapan seseorang dalam merespon suatu objek atau situasi tertentu baik bersifat positif maupun negatif secara konsisten. Sementara Notoatmodjo S. (1997) mengatakan bahwa sikap merupakan respon atau reaksi seseorang yang masih tertutup terhadap suatu objek atau perangsang (stimulus). Selain itu, ada pula seorang ahli bernama Allport yang mengungkapkan bahwa definisi dari sikap adalah kesiapan mental seseorang dalam menentukan tindakan atau respon pada berbagai situasi dan objek.

Berdasarkan beberapa pengertian di atas, dapat diketahui bahwa sikap bisa diartikan sebagai perasaan dan juga pikiran seseorang dalam bertingkah laku saat sedang tidak menyukai atau menyukai sesuatu. Pada dasarnya, sikap memiliki tiga komponen penting yaitu emosi, perilaku dan kognisi. Komponen kognitif atau kognisi adalah semua pemikiran yang berkenaan dengan sikap. Sikap yang diambil seseorang dalam mengambil tindakan juga tergantung dari permasalahan apa yang sebenarnya dihadapi.

Beberapa pengertian tersebut tentu sudah lebih dari cukup untuk memberi gambaran pada Anda tentang apa yang dimaksud dengan sikap bukan? Sekian tulisan terkait pengertian sikap berdasarkan beberapa ahli ini, semoga bermanfaat.

loading...
Pengertian Sikap Dalam Kehidupan Sehari-hari | Adzikra Ibrahim |