Pengertian Perpustakaan

Semua orang pasti sudah tahu apa itu perpustakaan. Mendengar kata tersebut semua pasti langsung berpikiran tentang tumpukan buku-buku. Pengertian perpustakaan secara umum diartikan sebagai tempat koleksi buku atau pun majalah. Namun, sekarang ini perpustakaan tidak hanya sebagai tempat koleksi buku saja.

Saat ini, perpustakaan modern malah dijadikan sebagai tempat multifungsi. Selain dipakai untuk koleksi buku, perpustakaan modern juga menyimpan semua berbagai informasi baik itu informasi tentang pengetahuan maupun informasi data penting lainnya.

Pengertian Perpustakaan dan Fungsinya

Secara umum, tempat koleksi buku maupun majalah merupakan pengertian perpusatakaan secara tradisional. Jika ada tradisional pasti ada modern dan itu memang benar. Perpustakaan modern biasanya tidak hanya menjadi tempat koleksi buku, di sini Anda juga bisa mengakses berbagai informasi dari komputer. Biasanya di perpustakaan juga disediakan komputer dan wifi. Perpustakaan yang seperti itu umumnya terdapat di kampus-kampus besar. Para mahasiswa bisa mencari data apa saja dengan mengakses komputer dari perpustakaan, biasanya begitu.

Lalu ada juga pengertian perpustakaan menurut para ahli. Menurut pendapat Sutarno NS, perpustakaan memiliki arti yaitu sebuah ruangan atau bagian dari bangunan gedung tersendiri yang memiliki buku-buku koleksi. Buku tersebut tidak serta merta diletakkan saja tetapi buku tersebut sudah diatur dan disusun sedemikian rupa sehingga memudahkan pembaca untuk mencarinya. Jadi, kesimpulan dari Sutarno NS adalah buku koleksi perpustakaan sudah ditata berdasarkan kategorinya. Misalnya buku non fiksi seperti novel dan cerpen ditata menjadi satu rak. Kemudian buku kesehatan ada di bagian tersendiri tidak dicampur dengan yang lain. Hal ini pun sangat membantu para pembaca dalam mencari koleksi buku yang ingin dibacanya.

Ada juga pengertian perpustakaan dari Lasa, beliau mengungkapkan kalau perpustakaan adalah bangunan fisik yang difungsikan sebagai tempat berkumpulnya buku-buku. Buku tersebut sudah disusun menurut sistem tertentu. Definisi dari Lasa tersebut hampir sama seperti yang dikemukanan oleh Sutarno NS. Buku tersebut sudah tertata rapi dengan diatur melalui sistem tertentu supaya memudahkan pembaca untuk memilih koleksi buku yang diinginkan. Perpustakaan pun ada beberapa jenisnya yang perlu Anda ketahui. Pertama adalah perpustakaan nasional RI yang merupakan perpustakaan nasional. Kedua adalah perpustakaan daerah yang bertempat di tiap provinsi. Setiap provinsi di Indonesia pasti memiliki perpustakaan daerah.

Ketiga adalah perpustakaan umum, biasanya dimiliki oleh masyarakat umum. Keempat adalah perpustakaan perguruan tinggi yang berada di sebuah universitas atau kampus. Yang lainnya adalah perpustakaan sekolah yang berada di dalam lingkungan sekolah. Ada juga perpustakaan internasional, perpustakaan pribadi biasanya ada di rumah, perpustakaan lembaga keagamaan, perpustakaan digital, perpustakaan perwakilan dari negara asing dan masih banyak lagi. Jadi, semua lapisan masyarakat bisa membaca buku dengan mudah karena perpustakaan bisa diakses di mana saja. Mengatur buku-buku yang ada di perpustakaan itu juga tidak mudah ternyata, harus ada kiat-kiat tertentu supaya nanti bisa memudahkan para pembaca.

Fungsi dari perpustakaan untuk saat ini tidak hanya sebagai tempat koleksi buku dan tempat membaca saja. Sebagai contoh pada perpustakaan perguruan tinggi biasanya digunakan para mahasiswa untuk mengerjakan tugas. Mereka lebih senang mengerjakan tugas kuliah di perpustakaan karena sumbernya lengkap dan dilengkapi juga dengan wifi. Terlepas dari pengertian perpustakaan yang beragam, membaca buku itu sangat penting karena bisa menambah wawasan karena banyak informasi di dalamnya. Jadi, budaya ke perpustakaan sangat baik untuk dilestarikan.

loading...
Pengertian Perpustakaan | Adzikra Ibrahim |