Pengertian Pembangunan Ekonomi dan Teori Dalam Pembangunan Ekonomi

Seringkali kita mendengar mengenai pembangunan ekonomi tanpa mengetahui pengertian dan maknanya, seringkali kita menggunakan kalimat tersebut padahal kita sendiri tidak tahu mengenai makna dari pembangunan ekonomi sesungguhnya. Menurut Sadono Sukirno (1996), Pengertian Pembangunan Ekonomi adalah usaha meningkatkan pendapatan perkapita dengan jalan mengolah kekuatan ekonomi potensial menjadi ekonomi real dengan melakukan penanaman modal, penggunaan teknologi, penambahan pengetahuan, peningkatan ketrampilan, penambahan kemampuan berorganisasi, dan manajemen. Menurut Wikipedia, pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk yang disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara. Pembangunan ekonomi ini cukup penting apalagi untuk negara-negara berkembang, Adam Smith sendiri pernah berkata “Pembangunan ekonomi merupakan kombinasi atau perpaduan dari pendapatan perkapita dan kemajuan teknologi”

Sangat pentingnya pembangunan ekonomi ini, Michael P. Todari dan Stephen C. Smith (2012) berpendapat bahwa ada beberapa teori klasik dalam pembangunan ekonomi, diantaranya adalah

  1. Linear Stages Development Model Approach

Teori pendekatan ini berdasarkan pemikiran negara barat ketika melihat adanya kemiskinan di berbagai negara. Negara miskin harus melewati berbagai tahapan untuk menjadi negara kaya dimana pertumbuhan terjadi ketika produk domestik bruto bergantung pada tingkat tabungan nasional tapi berbanding terbalik dengan rasio capital output.

  1. Structural Change Theory

Teori ini menyatakan bahwa negara bisa menjadi miskin karena tidak mampu mengelola sumber yang dimiliki.

  1. International Dependence Model

Teori yang melihat negara berkembang mengalami kemiskinan karena bergantung secara politik dan ekonominya pada negara yang kaya.

  1. Neoclassical Counterrevolution

Pendekatan teori ini mengatakan bahwa kemiskinan yang terjadi di negara berkembang berasal dari tidak mampunya pemerintah dan rakyat dalam mengalokasikan sumber daya.

Pengertian Pembangunan Ekonomi tentunya harus dibedakan dengan pengertian pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan ekonomi menurut Prof Simon Kuznets (2000) adalah kenaikan jangka panjang dalam kemampuan suatu negara untuk menyediakan banyak jenis barang ekonomi kepada penduduknya, adapun kemampuan tersebut tumbuh sesuai dengan kemajuan teknologi dan penyesuaian kelembagaan, juga idiologis. Adapun hubungan antara pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi adalah pembangunan ekonomi sangat berperan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan sebaliknya, pertumbuhan ekonomi mempercepat dan memperlancar pembangunan ekonomi. Perbedaan antara pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi diantaranya, pembangunan ekonomi adalah proses perubahan yang terus menuju perbaikan misalnya meningkatkan produk perkapita sedangkan pertumbuhan ekonomi adalah proses naiknya produk perkapita dalam waktu jangka panjang. Pertumbuhan ekonomi memperhatikan pemerataan pendapatan sedangkan pembangunan ekonomi memerhatikan pemerataan juga termasuk hasil dan pembangunannya.

Indonesia sendiri menganut sistem ekonomi kapitalis yang berpihak pada ekonomi rakyat (tercantum dalam UUD 1945 Pasal 33). Pembangunan ekonomi sendiri di Indonesia dinilai terlalu terpusat di Pulau Jawa dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya. Tentunya untuk mensejahterakan rakyat, dibutuhkan pembangunan produktivitas tenaga kerja juga. Setelah memahami Pengertian Pembangunan Ekonomi, apabila kita menelaah maknanya, pembangunan ekonomi adalah suatu proses yang sifatnya jangka panjang (tidak mendadak dan tidak bersifat sementara), pembangunan ekonomi merupakan upaya dalam meningkatkan pendapatan perkapita (dapat meningkatkan income sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat), pembangunan ekonomi berperan dalam peningkatan pendapatan perkapita dalam jangka waktu yang lama sehingga sebagai antisipasi ketika terjadi penurunan pendapatan. Definisi pembangunan ekonomi juga bermakna dapat menaikkan pendapatan perkapita yang dibarengi dengan terjadinya perubahan teknologi yang berperan dalam kualitas dan meningkatkan kapasitas produksi.

loading...
Pengertian Pembangunan Ekonomi dan Teori Dalam Pembangunan Ekonomi | Adzikra Ibrahim |